Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Sederhana Namun Efektif

Diantara sekian banyak contoh surat lamaran kerja yang Anda baca, mungkin tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan. Ya, saat ini surat lamaran kerja sudah tak lagi mengutamakan tulisan panjang berbelit demi meyakinkan pemberi pekerjaan saja. Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang sederhana namun tetap efektif meyakinkan orang? Simak tips menulis surat lamaran kerja berikut.

https://www.suratresmi.net/

Menulis Surat Lamaran Kerja Sederhana Namun Meyakinkan

Sudah bukan jamannya menulis surat lamaran kerja dengan paragraf yang panjang dan terkesan berbelit. Perusahaan profesional tentu lebih menghargai waktunya untuk pekerjaan lain daripada membaca surat lamaran yang panjang. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan contoh surat lamaran kerja yang simple namun efektif. Bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif skipun terbatas pada jumlah kalimat dan panjang paragraf, tentu Anda perlu memperhatikan apa saja poin penting yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Dengan bergitu, Anda tidak akan terjebak menambahkan terlalu banyak hal yang kurang penting atau bahkan tidak menarik bagi pemberi kerja. Nah, poin yang dimaksud diantaranya:

Informasi Pribadi

Ini adalah informasi penting yang harus Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja karena berdasar detail inilah pemberi kerja dapat menghubungi terkait kelanjutan lamaran pekerjaan Anda. Poin ini berisi setidaknya;

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor handphone
  • Alamat email

Tips untuk poin adalah sebisa mungkin posisikan detail ini berada di tengah body surat Anda agar lebih terlihat. Selain itu, sebaiknya Anda juga menggunakan alamat email yang profesional, bukan email abal-abal atau bahkan dengan nama yang lucu. Cantumkan pula informasi penerima surat lamaran antara lain nama, posisi, nama perusahaan dan alamat perusahaan untuk membuat surat tersebut lebih persoal.

Pengantar

Selanjutnya, pastikan Anda membuat pengantar yang baik, misalnya dengan menyapa penerima surat tersebut secara personal. Anda bisa menggunakan sapaan misalnya Kepada Yth. Bapak atau Kepada Yth. Ibu.

Isi

Bagian ini juga perlu mendapat perhatian Anda untuk memastikan bahwa penerima memahami maksud dari surat lamaran Anda, utamanya terkait posisi yang dilamar. Penyusunan isi bisa Anda buat misalnya

  • Paragraf pertama tentang alasan Anda menulis surat lamaran dengan informasi spesifik yang mungkin perlu dipertimbangkan pula oleh pemberi kerja.
  • Paragraf kedua tentang pengajuan diri Anda didasari dengan kompetensi yang dimiliki sesuai kebutuhan pemberi kerja.
  • Paragraf ketiga tentang ucapan terima kasih karena penerima surat bersedia meluangkan waktu untuk membaca dengan saran atau rekomendasi kontak untuk menghubungi Anda.

Penutup

Poin ini juga menjadi hal yang perlu mendapat perhatian karena memungkas surat lamaran Anda. Bagian ini akan menjadi pengemas kesan keseluruhan atas pengajuan diri Anda sebagai calon pekerja di perusahaan. Gunakan salam hormat formal diikuti nama lengkap di bagian akhir dari surat lamaran Anda.

Demikianlah beberpaa poin yang perlu mendapat perhatian Anda saat ingin membuat surat lamaran yang singkat namun tetap efektif dalam menarik perhatian calon penerima kerja. Mulai sekarang, Anda bisa lebih mempertimbangkan contoh surat lamaran kerja yang sederhana namun mencari efektifitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *